SELAMAT DATANG

Rahasia Cara Belajar

Rahasia Cara Belajar

Pages

Selasa, 19 April 2011

Suara Tinggi = Bagus???

Sebagian besar pembelajar menyanyi pemula selalu mengharapkan dirinya mampu dengan cepat menggapai nada tinggi, komentar-komentar mereka selalu mengarah kepada pendapat bahwa suara tinggi itu suara yang baik.Imbasnya teman-teman saya itu terus saja berusaha menggapai nada tinggi tanpa memikirkan fondasi vokal yang lain.
Benarkah suara yang tinggi adalah suara yang bagus? jika seorang penyanyi mempunyai kemampuan untuk mengjangkau daerah nada yang tinggi, tentunya penyanyi tersebut handal dalam menggapai nada tinggi, tapi apakah penyanyi itu bagus? perlu diingat bukan hanya nada tinggi saja yang menjadi ukuran bagus atau tidaknya seseorang dalam menyanyi.
Wilayah range/interval suara yang semakin lebar memang akan memudahkan seorang penyanyi untuk membawakan berbagai macam jenis lagu. tetapi saran saya jika Anda pembelajar pemula, terlebih dahulu Anda pelajari bagaimana memproduksi suara (pernafasan diafrahma, resonansi suara, latihan rahang, mulut, lidah, dsb.), setelah Anda menguasai bagaimana memproduksi suara yang baik, barulah kita perlebar range vokal kita.
Tentunya Anda belajar naik sepeda dengan perlahan terlebih dahulu bukan, belajar menaiki sepeda, memegang stang, mengayuh, dsb.. barulah setelah Anda mahir dasar-dasar menaiki sepeda Anda berlatih untuk ngebut!, freestyle, dsb.

2 komentar:

Killer Bull mengatakan...

saya senang dengan ada nya blog seperti ini. saya bisa mengetahui tips2 bernyanyi yang lebih baik. kalo boleh saya share n skaligus nanya. saya juga seorang penyanyi di band kampus saya. dan alhamdulillah saya dapat mencapai nada tinggi. tetapi saya pernah di komentar pada saat saya nampil "bila ada vibrato nya mungkin bisa lebih bagus." saya yang sebenarnya otodidak, tidak mengerti apa2 tentang teknik suara dan apapun itu. saya mau nanya apa itu vibrato? dan apakah bisa dilatih dan bagaimana caranya. tolong tips nya :)

obay mengatakan...

mas mau tanya donk tips tips menjaga konsistensi suara saat nada nada tinggi itu bgmn?, pantangan2 menjadi seorang penyanyi itu apa? apa minum air yg ditaro di gelas lalu di tutup dengan plastik trus di taro di atap semalaman biar tercampur dengan embun itu bener apa ga sey?

kalo boleh kirim balik ke bieobay1376@gmail.com
ditunggu ya mas

Posting Komentar

 
Powered by Blogger